RSS
Write some words about you and your blog here

PENGOBATAN PENYAKIT REMATIK

         
          Penyakit rematik atau yang dalam bahasa medisnya disebut rheumatoid arthritis (RA) adalah peradangan sendi kronis yang disebabkan oleh gangguan autoimun. Gangguan autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh yang berfungsi sebagai pertahanan terhadap penyusup seperti virus, bakteri, dan jamur, keliru menyerang sel dan jaringan tubuh sendiri, khususnya jaringan sinovium yaitu selaput tipis yang melapisi sendi. Hasilnya dapat menyebabkan sendi bengkak, rusak, nyeri, meradang, kehilangan fungsi dan bahkan cacat.
          Adapun ciri-ciri penyakit rematik, diantaranya :

1. Sakit atau radang bahkan bengkak dibagian persendian pergelangan jari, tangan, kaki, lutut, bahu/pundak, pinggang, punggung dan leher
2. Sakit rematik dapat berpindah-pindah tempat pada setiap persendian
3. Perubahan cuaca. Biasanya penyakit rematik akan kambuh pada saat cuaca dingin hal pertama sering di rasakan sering kesemutan pada bagian kaki, linu pada bagian tulang betis. Disarankan untuk penderita rematik maupun asam urat menghindari konsumsi sayuran seperti, bayam, kangkung, makanan yang menggunakan kelapa, mengurangi konsumsi gila.
4. Sakit rematik semakin lama akan semakin berat karena adanya perubahan hormon.
           Banyak cara untuk mengobati rematik baik dengan kedokteran dan obat tradisional. Jika rematik belum jadi kronis dan belum mengalami komplikasi dengan asam urat dan kolesterol maka dengan cara tradisional akan mempunyai peluang untuk sembuh sangat besar.
           Berikut cara dapat digunakan untuk mengobati rematik dengan cara tradisional. Cara mengobati rematik dengan jahe sebagai obat luar. Caranya, hancurkan/tumbuklah jahe dan cengkeh menjadi halus, kemudian dioleskan kepersendian yang sakit, tunggulah beberapa lama sampai sakitnya berkurang. Jahe juga dapat diolah menjadi minuman yang dapat mengobati rematik. Caranya 15gr jahe dicampur 30gr akar beluntas dan 20gr temulawak. Kemudian semuanya direbus dengan 600ml air hingga tersisa 300ml. Air rebusannya disaring dan diminum 2 kali sehari secara teratur.
           Lidah buaya juga dapat mengobati rematik. Caranya 60gr lidah buaya yang sudah bersih dari duri dan kulitnya di jus lalu dicampur dengan jahe dan gula merah atau gula pasir, kemudian direbus dengan air sampai tersisa 1 gelas saja, kemudian diminum.           

0 komentar:

Posting Komentar