RSS
Write some words about you and your blog here

PENYAKIT GONDOK

GONDOK ( bahasa latin struma ) adalah pembengkakan dileher (di bawah jakun atau larynx) karena kelenjar thyroid yang membesar. Penyakit gondok di sebabkan oleh membesarnya kelenjar tiroid pada leher. Hubungan antara penyakit ini dengan kurangnya konsumsi yodium telah diketahui lebih dari 130 tahun yang lalu. Beberapa abad sebelumnya, penyakit gondok ditangani dengan mengkonsumsikan pasien dengan benda yang kaya akan yodium seperti karang laut yang dibakar. Yodium berinteraksi dengan protein yang disebut dengan thyroglobulin, dan cincin aromatik dari protein ter-iodinisasi. Dua dari molekul yang ter-iodinisasi tersebut berinteraksi, membentuk suatu unit thyroxine yang berikatan dengan protein. Unit aromatik ini kemudian lepas dan menghasilkan suatu hormon tiroid thyroxine yang sangat kuat.

            Penyakit gondok biasanya disebabkan oleh kurangnya asupan yodium terhadap tubuh. Jika kekurangan zat yodium pada wanita yang sedang hamil terkadang dapat menyebabkan bayi meninggal dunia atau bayi lahir dengan keterbelakangan serta dapat pula lahir dengan cacat telinga (tuli/krenitisme) walaupun si ibu tidak sedang memiliki penyakit gondok.
            Unsur yodium ini sangat penting bagi kesehatan khususnya terhadap perkembangan sel-sel tubuh termasuk kesehatan otak. Yodium sendiri berfungsi untuk membentuk hormon tyroid yang nantinya akan diserap usus lalu disirkulasikan menuju bermacam-macam kelenjar.
            Adapun cara pengobatannya yaitu, dengan menggunakan garam beryodium. Dengan demikian, penyakit gondok ini dapat dicegah dan benjolan gondoknya dapat disembuhkan. Apabila tidak bisa mendapatkan garam beryodium, gunakanlah yodium tinctura (larutan yodium dalm alkohol). Masukan satu tetes larutan tersebut ke dalam air minum, dan minumlah setiap hari. Namun harus berhati-hati dalam menggunakannya karena dapat menimbulkan keracunan. Adapun cara lain, seperti mengkonsumsi kepiting atau makanan laut yang dicampur dengan sedikit ganggang dan garam beryodium bisa membantu dalam mengobati penyakit gondok.

0 komentar:

Posting Komentar