RSS
Write some words about you and your blog here

Tips dan Trik Merawat Handphone Anda


HP bukan barang mewah lagi. Mulai dari orang dewasa hingga anak SD pun sudah banyak menggunakan alat komunikasi yang satu ini. Berikut ini merupakan Tips Jitu untuk merawat HP :

Quote:
1. Jika HP masih memiliki / dalam masa garansi, jangan lakukan perubahan apapun yang dapat mengakibatkan hilangnya garansi.


Quote:
2. Catat nomor IMEI, dan nomor pin code / PUK. Untuk berjaga-jaga bila terjadi sesuatu.


Quote:
3. Hindari goncangan yang terlalu keras atau sering apalagi sampai jatuh atau terbentur benda keras lain. Gunakan tali, plastik anti gores, sarung / kondom / casing tambahan HP untuk mencegah atau mengurangi dampak benturan ataupun goresan pada HP.


Quote:
4. Pada saat pengecasan / charge baterei HP :

- Buka sarung / kondom / casing tambahan HP terlebih dahulu, agar panas batere dapat dibuang/dikeluarkan dengan sempurna.

- Lakukan cas/charge ketika baterai benar-benar habis atau sudah ada peringatan “low-batt” pada HP.

- Sebaiknya pada saat dilakukan HP dalam keadaan mati.

- Segera hentikan / cabut charger bila baterai sudah penuh.

- Kurangi / hindari pengecasan HP di mobil sebab umumnya listrik yang dihasilkan kurang / tidak stabil.


Quote:
5. Bersihkan pin konektor yang ada di HP (misal: untuk baterai) dengan menggunakan tisu atau cotton-bud secara reguler setiap 3 atau 6 bulansekali. Jangan menggunakan cairan apapun bila anda tidak berpengalaman.


Quote:
6. Hemat baterai HP dengan jalan mematikan/mengatur bluetooth, infra red, kamera aktif, GPRS, vibrator, mengurangi main games, MP3, fitur suara, brightness layar, screen saver, radio dan banyak hal lainnya yang tidak perlu. Aktifkan fungsi-fungsi tersebut ketika akan dipakai saja dan setelah itu matikan kembali. Dengan mematikan blue tooth juga menghindari resiko pencurian data / akses yang tidak diinginkan.


Quote:
7. Matikan HP anda selama perjalanan ke luar kota. Hal ini berlaku pada HP yang harus melakukan registrasi “combo” dan sejenisnya atau bila sinyalnya memang sudah diketahui kurang/tidak bagus.


Quote:
8. Bila HP anda nge-drop, untuk sementara saat anda dapat mengatasinya dengan membungkus batere HP tersebut dengan plastik dan diikat rapat. Kemudian masukkan ke dalam freezer selama 12 jam. Setelah itu keluarkan batere tsb. Bila ikatan rapat, batere HP akan kering. Bila basah lap terlebih dahulu. Biarkan beberapa saat agar suhu batere sesuai dengan suhu kamar / ruangan. Bila sudah, coba pasang pada HP dan nyalakan.


Quote:
9. Rawat LCD dari suhu panas dan dingin yang ekstrim, sebab akan mengurangi / menganggu kinerja LCD HP. Selain hindari tekanan berlebihan pada LCD.


Quote:
10. Jauhkan HP dari benda-benda bermagnet atau yang mengandung medan magnet, seperti benda-benda elektronik TV, radio, tape dan lain sebagainya.


Quote:
11. Jangan meng-instal program / software yang aneh-aneh atau tidak perlu. Sebab bisa jadi akan berpengaruh / menganggu kinerja HP anda.


Quote:
12. Jagalah HP anda jangan sampai kemasukan air. Bila hal tersebut terjadi, jangan panik. Lakukan segera :

- JANGAN DULU MENYALAKAN HP ANDA.

- Buka HP anda, keluarkan baterainya.

- Keluarkan air dengan mengguncangkan HP (jangan terlalu keras).

- Keringkan dengan mengelap HP menggunakan cotton butt, tisu atau kain bersih. Jika punya, gunakan hair-dryer tapi jangan terlalu lama, agar efek panasnya tidak merusak HP.

- Jika ada kotoran atau noda, gunakanlah cotton butt.

- Angin-anginkan HP tersebut selama 1 hari 1 malam atau hingga anda benar-benar yakin bahwa HP anda telah benar-benar kering.

- Rakit kembali HP anda dan coba nyalakan.

- Bila, masih tidak bisa bawa segera ke dealer resmi, jangan dicoba-coba oleh orang yang tidak ahli, sebab bisa jadi justru rusaknya akan bertambah parah.


Quote:
13. Hindari keluar-masuk / penggantian SIM CARD yang terlalu sering.


Quote:
14. Saran saya, jika usia HP hampir 2 tahun, pertimbangkanlah untuk membeli / mengganti HP dengan yang baru. sebab Umumnya “kekuatan” HP yang maksimal rata-rata hanya dua tahun. Oleh karena itu gantilah HP anda (jual dan beli yang baru) sebelum harga HP yang lama jatuh karena rusak.


Quote:
Beberapa Cara Merawat Handphone Touchscreen

Berikut di bawah ini merupakan tips atau cara untuk merawat handphone layar sentuh, yang pada dasarnya handphone yang canggih seperti touchscreen itu harus memerlukan perawatan yang extra, Nah, berdasar pada hal itu, di bawah ini saya akan memberikan beberapa Tips Merawat Handphone Touchscreen yang di antaranya saya dapatkan dari sumber-sumber yang bisa di percaya.

Handphone layar sentuh atau touchscreen saat ini sudah tidak asing lagi di dunia elektronika bahkan sudah menjamur dikalangan masyarakat. Tidak hanya handphone saja, sekarang ada berbagai macam alat elektronika yang menggunakan layar sentuh seperti tablet. Dalam penggunaan handphone layar sentuh atau touchscreen kendalanya ada pada layarnya, karena layar handphone layar sentuh atau touchscreen itu menggunakan LCD. Sehingga jika kita melakukan kesalahan dalam menggunakan LCD tersebut akan mengakibatkan LCD itu cepat rusak. Maka dari itu kita harus mengetahui dan merawat LCD itu agar tetap awet dan terjaga.

Quote:Quote:Berikut ini cara merawat handphone layar sentuh atau touchscreen :

Quote:
1. Gunakanlah screen protector atau plastik antik gores pada layar handphone.


Quote:
2. Jauhkanlah handphone dari benda-benda yang mengandung medan magnet seperti radio, televisi,
dan benda-benda lain yang mengandung magnet.


Quote:
3. Usahakan layar LCD tidak dalam keadaan kotor, dan jika layar itu kotor bersihkanlah dengan
menggunakan tissue atau kain yang halus.


Quote:
4. Gunakanlah jari telunjuk untuk menggunakan layar, jangan menggunakan kuku untuk mengusap
layar ketika sedang menggunaka karena akan mengakibatkan layar tergores.


Quote:
5. Hindarkan terkena sinar matahari secara langsung, karena akan merusak kualitas LCD tersebut.


Quote:
6. Jangan menekan layar terlalu kencang, tekan layar sewajarnya saja.


Quote:
7. Hindarkan dari tempat yang sempit dan menekan seperti saku celana jeans, karena akan cepat
merusak layar LCD jika terlalu sering menerima tekanan.


Nah itulah beberapa tips atau cara merawat handphone layar sentuh atau touchscreen. Hal yang perlu di ingat, hal apapun dan semahal apapun harganya sangat bergantung pada usaha-usaha kita dalam merawatnya. karena itu, rawatlah dengan baik.


Quote:
Merawat Baterai Ponsel Android

Merawat Baterai Ponsel Android – Saat ini Ponsel Android semakin banyak di gemari,mungkin disamping tampilanya yang user friendly,disebabkan juga banyaknya aplikasi yang memberi manfaat dan hiburan bagi pengguna ponsel android.

merawat batteray ponsel android Merawat Baterai Ponsel Android

Dengan banyaknya manfaat yang dapat diperoleh dari ponsel bebasis open source ini,maka semakin sering pula ponsel android di gunakan bukan? Misalnya untuk mendownload aplikasi dengan mengaktifkan jaringan nirkabel,hal ini dapat mengakibatkan baterai mengalami masalah dikarenakan energinya terkuras. Untuk itu,kali ini jangkrik blog berbagi informasi dengan topik tips untuk merawat baterai ponsel android agar lebih tahan lama,yang dikutip dari berbagai sumber di internet.Berikut tipsnya :

Quote:
1. Jaringan Nirkabel atau Wireless

Sebaiknya pengguna ponsel Android tidak mengaktifkan seluruh konektivitas yang tersedia pada ponsel secara bersamaan, misalnya dengan menghidupkan Wi-Fi, GPS, dan Bluetooth secara bersamaan.


Quote:
2. Kecerahan Layar

Layar ponsel yang terang memang dapat membuat tampilan menjadi lebih jelas. Tetapi, jika semakin tinggi tingkat kecerahan layar, maka semakin besar pula daya yang dikeluarkan baterai ponsel tersebut.


Quote:
3. Satu Fitur Untuk Semua

Jika ada email, pesan instan, pesan singkat (SMS), atau panggilan masuk ke ponsel Android, sebaiknya tidak perlu ponsel itu berbunyi terlalu keras dan bergetar. Cukup gunakan salah satu dari dua fitur tadi, suara atau getar saja,agar baterai lebih hemat.


Quote:
4. Email yang Penting Saja

Jika kamu memiliki lima akun email dan semuanya aktif, sebaiknya kamu memilih dan menggunakan email mana yang paling sering dipakai dan akan diaktifkan sepanjang hari. Dari informasi yang ada, semakin banyak aplikasi, seperti email, live streaming, radio, atau media sosial yang aktif dalam waktu bersamaan, maka semakin besar pula daya baterai yang dibutuhkan.


Quote:
5. Baterai Cadangan

Ketika mengisi baterai, sangat disarankan untuk tidak mencabutnya apabila kapasitasnya belum sampai minimal separuhnya.Karena, jika baterai belum sampai 50 persen terisi kemudian sudah digunakan lagi, maka energi yang tersimpan akan dengan mudah terkuras karena memang kapasitas baterai tersebut masih sedikit.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Simple dan saya rasa Mudah untuk di praktekkan . Berguna banget infomasinya.. Thanks .

Anonim mengatakan...

Simple dan saya rasa Mudah untuk di praktekkan . Berguna banget infomasinya.. Thanks .

Posting Komentar